Barang Yang Dilarang Dan Diperbolehkan Untuk Dikirim Ke Luar Negeri

Barang Yang Dilarang Dan Diperbolehkan Untuk Dikirim Ke Luar Negeri

Mengirim barang atau paket ke luar negeri menjadi hal yang cukup banyak dilakukan, terutama bagi pebisnis yang bergerak di bidang penjualan online. Pengiriman ini juga banyak dilakukan oleh produsen yang akan mendistribusikan barang untuk tujuan ke negara tertentu. Bagi yang sudah sering melakukan pengiriman barang ke luar negeri, pastinya sudah sangat paham mengenai aturan pengiriman barang bukan?

Ya, sangat berbeda dengan pengiriman antar kota ataupun antar wilayah yang ada di Indonesia. Untuk mengirim barang ke luar negeri memang ada aturan tersendiri yang harus dipenuhi. Aturan tersebut bukan berasal dari ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman, melainkan dari negara tujuan. Untuk itu, sebagai pengguna jasa ataupun importir sudah seharusnya Anda memahami lebih detail. Terlebih jika Anda melakukan pengiriman ke berbagai negara di seluruh dunia.

Aturan Pengiriman Barang Ke Luar Negeri

Adanya aturan terkait jenis barang yang dapat dikirimkan ke luar negeri, tentu saja sangat berkaitan dengan keamanan. Karena untuk mengirim barang dari Indonesia tujuan ke luar negeri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Melainkan butuh waktu yang cukup lama, bahkan berminggu-minggu untuk sampai alamat tujuan. Karena hal itulah, dalam perjalanan pengiriman barang diperlukan dukungan bahwa semua jenis barang dapat dipastikan aman. Agar pengiriman juga berjalan lancar.

Nah secara umum, untuk pengiriman barang ke luar negeri, jenis barang yang dilarang untuk dikirimkan meliputi :

  1. Narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang
  2. Senjata api baik replika maupun suku cadangnya
  3. Barang yang melanggar kesusilaan
  4. Barang berharga seperti uang, surat berharga, perak, emas, permata, perhiasan, dan lain-lain.
  5. Cairan kimia yang mudah meledak
  6. Segala jenis binatang hidup
  7. Barang yang masuk dalam ketentuan negara tujuan.

Dan lain-lain.

Terkait dengan hal tersebut, sudah seharusnya Anda harus memahami bahwa kemanapun tujuan negaranya, barang-barang diatas masuk dalam daftar barang berbahaya. Sehingga otomatis tidak hanya dilarang karena tujuan tertentu, tetapi memang membahayakan.

Aturan Pengiriman Makanan Dan Skincare

Sebagai pengirim barang, sudah pasti membutuhkan panduan terkait jenis barang yang dapat dikirimkan. Bila pengiriman dilakukan untuk barang umum seperti pakaian dan masuk dalam barang tidak berbahaya tentu saja masih diperbolehkan. Apalagi jika Anda melakukan pengiriman barang melalui rifex, Anda bisa kirim berbagai jenis barang umum tujuan ke negara manapun di seluruh dunia.

Nah, ada jenis barang yang memang benar-benar dilarang karena membahayakan. Tetapi ada pula jenis barang yang negara tertentu melarangnya, dan ada pula negara tertentu yang masih memperbolehkan. Dua barang yang masih diperbolehkan untuk negara tertentu ialah produk makanan dan skincare. Makanan yang dimaksud untuk dapat dikirimkan ialah makanan kering bukan makanan basah.

Jenis makanan basah tidak direkomendasikan untuk pengiriman untuk keamanan makanan dan kualitas makanan. Sehingga makanan kering lebih direkomendasikan untuk dikirimkan. Hanya saja yang perlu Anda ketahui bahwa ada batasan jumlah barang. Misalnya untuk negara Malaysia Anda bisa mengirimkan makanan kering dengan maksimal 1kg saja.

Baca : Pengiriman Alat Kesehatan Ke Luar Negeri

Berbeda lagi untuk pengiriman skincare. Skincare atau produk perawatan wajah memiliki aturan yang berbeda dari setiap negaranya. Bukan masalah merk ataupun kemasan, tetapi berkaitan dengan jenis kandungan yang terdapat pada skincare tersebut. Terdapat negara tertentu yang masih memperbolehkan pengiriman skincare dari Indonesia, hanya saja harus dilengkapi dengan dokumen tertentu.

Bila Anda hendak mengirimkan barang dan bingung apakah jenis barang yang dikirimkan diperbolehkan atau tidak, Anda bisa konsultasikan langsung dengan tim Kami.



WhatsApp Chat Whatsapp